Get Adobe Flash player

BERITA

Current Articles | Categories | Search | Syndication

Danlanal Banten Hadiri Musrenbang RKPD Provinsi Banten Tahun 2019

 

Serang, Banten -- Gubernur Banten, Wahidin Halim membuka pelaksanaan Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Banten tahun 2019, yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten di Ballroom Hotel Horison Ultima Ratu Serang, Banten. (Selasa, 10/4/2018).

Hampir seluruh pejabat Provinsi Banten hadir dalam acara Musrenbang tersebut antara lain Dirjen Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, Eko Subowo, Komandan Lanal Banten Kolonel laut (P) Rudi Haryanto, S.E., Para Kepala Daerah se-Banten, Kepala OPD Banten, perwakilan Bappeda se-Provinsi Banten dan tamu undangan lainnya.

Dalam Musrenbang tersebut, Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan bahwa perencanaan pembangunan harus  terintegrasi dan bersinergi baik antar satuan kerja terkait di daerah maupun dalam hubungannya dengan satuan kerja di tingkat provinsi hingga lembaga di tingkat pusat. Dengan harapan program dan kegiatan yang dilaksanakan dapat memberikan output, outcome dan impact yang akan dirasakan secara lebih nyata oleh masyarakat. Tema-tema dan isu yang ditawarkan harus bersumber dari suasana kehidupan masyarakat itu sendiri, sehingga apa yang kita lakukan nanti betul-betul memenuhi hasrat, kehendak dan hatinya masyarakat.

Oleh karena itu yang menjadi persoalan bagi kita kadang kala kita lupa dengan mereka dan kadang kita tidak berangkat dari hatinya masyrakat miskin. Menurutnya ada beberapa program prioritas utama program pembangunan di tahun 2019. Pemprov Banten mewacanakan program pembangunan tetap mengarah pada akselerasi pembangunan pelayanan dasar masyarakat yaitu infrastruktur, pendidikan dan kesehatan.

Ketua Pelaksana Musrenbang yang juga Sekda Banten Ranta Soeharta menjelaksan pelaksanaan  Musrenbang RKPD Provinsi Banten tahun 2019 merupakan tahapan dari proses perencanaan partisipatif dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah. Tujuannya untuk mendapatkan masukan dan saran dalam rangka perumusan kebijakan pembangunan Provinsi Banten tahun 2019. “Musrenbang tahun 2019 kedepan diharapkan menghasilkan kesepakatan tentang isu strategis RKPD, prioritas pembangunan dan tema pembangunan,” sebutnya.

Pada kesempatan ini Gubernur Banten menyerahkan penghargaan pembangunan daerah tahun 2018 kepada Pemkot Tangerang dan Pemkab Lebak. Penghargaan diberikan daerah yang menyusun rencana kerja pemerintah daerah tingkat kabupaten dan kota terbaik.

Sedangkan, Direktorat Jenderal Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, Eko Subowo menyampaikan bahwa Rencana Kerja Pembangunan Daerah harus didukung oleh 5 usaha diantaranya peningkatan angka pendidikan,pengurangan angka kemiskinan dan pembangunan, peningkatan infrastruktur, peningkatan pelayanan publik, serta pengurangan kesenjangan daerah.


 

posted @ Wednesday, April 11, 2018 9:55 AM by Dispen Lantamal III

Previous Page | Next Page